REDSDIPO, Meeting Point Penggemar Kuliner Ikan di Bandung

Makan ikan segar di Bandung? Nggak salah? Bandung memang daerah pegunungan. Jarang sekali kita menemukan menu makanan daerah peisisr pantai. Namun di kota Bandung, ada tempat makan menu ikan yang enak dengan harga terjangkau. Namanya REDSDIPO. Saya sempat icip-icip dan ngobrol dengan Kang Yafi, marketing manager REDSDIPO

Lokasi REDSDIPO

REDSDIPO berlokasi di Jln Dipati Ukur Nomor 1. Tepatnya di belakang kantor BCA atau beberapa meter dari Taman Dago yang memiliki tulisan besar D-A-G-O. REDSDIPO bersisian dengan kedai Bakso Boedjangan dan toko Flashy Shop.Sebelum menetap di tempat yang strategis itu, REDSDIPO pernah buka di jalan Dipenegoro dalam rupa warung tenda dan sempat beberapa kali pindah tempat. Mulai tahun 2007, REDSDIPO menetap di Jln Dipati Ukur Nomor 1. Warung tendanya pun telah berubah menjadi kedai nyaman dengan beberapa pilihan tatanan bangku.

Nama REDSDIPO 

REDSDIPO berasal dari kata The Reds dan Diponegoro. REDS mengacu kepada penggemar klub sepak bola Liverpool, InggrisPara  Owner:Aprianto Wibowo, Posma Abraham, Johan Pangaribuan, dan Rendy Koeswara adalah penggemar Liverpool. Dipo dari kata Diponegoro yang merupakan nama jalan, lokasi pertama REDSDIPO.Saat masih berupa warung tenda, REDSDIPO berdekatan dengan Radio Sky FM Bandung. Pendengar, penyiar Sky dan grup band menjadikanREDSDIPO  sebagai meeting point karena menunya yang enak dan terjangkau. Meski REDSDIPO sudah berpindah lokasi, pelangganREDSDIPO sejak di jalan Dipenegoro tetap setia datang, terutama pelanggan dari kalangan profesional dan karyawan. 

Menu Goreng-Bakar Andalan REDSDIPO

REDSDIPO mengusung konsep rumah makan menu ikan. Kita dapat menemukan berbagai jenis ikan di REDSDIPO yang diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau keduanya goreng-bakar. Nah, olahan ikan goreng-bakar ini jadi andalan REDSDIPO. Ikan digoreng terlebih dahulu sampai matang 60%, kemudian dibakar sehingga matang 100%.

Saya sempat mencicipi beberapa menu ikan goreng-bakar REDSDIPO yaitu ikan bawal hitam dan ikan kembung banjar. Proses penggorengan membuat ikan garing (crunchy) di luar namun cukup basah di bagian dalam. Proses bakar, membuat ikan kering seutuhnya, sehingga enak sekali dimakan dengan sambal dan lalapan.

Rasa yang paling tidak terlupakan adalah Ikan Bawal Hitam goreng-bakar REDSDIPO. Bumbu olesan margarinnya begitu kentara di lidah. Terasa khas dan membuat lidah ingin merasakannya lagi dan lagi! Jangan bilang nggak suka ikan bawal kalau belum mencoba bawal goreng bakar REDSDIPO ini.

Menu ikan goreng-bakar ini secara tak sengaja ditemukan REDSDIPO. Berawal dari seorang pelanggan yang memesan ikan bakar, namun pelayan REDSDIPO malah menyajikan ikan yang digoreng. Pelayan berniat menggantinya dengan ikan bakar baru, namun pelanggan yang buru-buru itu minta langsung dibakar saja. Hasilnya malah enak dan disukai si pelanggan tersebut. Ketidaksengajaan itu diujicoba chef REDSDIPO sehingga menghasilkan menu ikan goreng-bakar yang khas.      
 

Menu Sayur REDSDIPO

Saya juga sempat mencicipi menu sayur khas REDSDIPO yaitu Kailan Crunchy. Penampilannya mirip Baby Kailan biasa, namun saat saya menggigit Kailan Crunchy REDSDIPO ini, kok seperti makan keripik, tapi lebih tipis dan renyah. Sekejap saja, Kailan Crunchy habis. Saat saya memesan lagi, pelayan mengatakan menu ini sudah out of stock karena banyak dipesan pelanggan. 
 
Selain Kailan Crunchy ada, Brokoli Crispy, Buncis Cabe Garam, Cap Cay dan masih banyak lagi. Saya hanya mencicipi Kailan Crunchy dan Cap Cay saja. Lain waktu saya harus mencicipi menu sayur REDSDIPO lainnya.  

REDSDIPO  Beverages & Dessert

Di jajaran menu minuman, saya tertarik dengan Robusta Ice Milk. Minuman ini juga salah satu andalan REDSDIPO. Sepintas minuman ini hanya terdiri dari susu segar dan es kubusTernyata keistimewaannya ada pada es kubusnya. Es kubus itu merupakan seduhan kopi robusta yang dibekukan. Seiring mencairnya es, kopi robusta akan menyatu dengan susu segar. Nikmat sekali diseruput siang-siang.
 
Dessert REDSDIPO juga saya cicipi sebagai penutup makan siang itu. AdaTaro Dessert, Green Tea Dessert, Strawberry Dessert yang serupa tetapi tidak sama. Dessert yang bisa dikatakan es campur ini terdiri dari rumput laut, bubble jelly, nata de coco, seawed jelly, marsmallow dan es krim. Perbedaannya ada pada rasa es krim. Taro Dessert plus es krim taro. Green Tea Dessert ditambah es krim rasa teh hijau dan Strawberry Dessertditambahkan es krim rasa stroberi. Saya kenyang dan puas sekali makan diREDSDIPO siang itu.   
 

Rahasia REDSDIPO

REDSDIPO menggunakan bahan-bahan segar pilihan. Ikan diperoleh dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Subang dan Indramayu. Sayur mayur dibeli dar petani sayur langsung. Kesegaran bahan dan racikan bumbu khas inilah salah satu resep lezatnya hidangan REDSDIPO.Resep-resep REDSDIPO merupakan hasil trial and repair dari berbagai resep yang pernah dicicipi owner dan staf REDSDIPO. Bahkan ide awalREDSDIPO terbersit saat Apri dan kawan-kawan menikmati menu ikan bakar di kedai Babe Lili, Gondangdia, Jakarta. Berbagai inovasi dilakukan sehingga terhidanglah menu-menu yang senantiasa membuat lidah pelanggan berdansa.
 
Nah, jika ada teman atau saudara yang tidak suka makan ikan, ajaklah ia keREDSDIPO dan biarkan ia ketagihan bahkan ditonjok dengan sambel TysonREDSDIPO. Untuk penggemar menu ikan, REDSDIPO adalah meeting pointyang paling pas di kota Bandung.   
 
 
http://t.co/3OhTE2vckm